Tentang Kami

ICSB (International Council for Small Businessmerupakan organisasi internasional, berpusat di Washington, Amerika Serikat. Yang perlu diketahui bahwa ICSB adalah merupakan organisasi nirlaba yang beranggotakan 80 negara, yang memberikan perhatian untuk pengembangan UKM di dunia yang berdiri sejak 1956, yang berkedudukan  di George Washington University Amerika. Untuk Indonesia, pakar marketing kesohor Hermawan Kartajaya menjadi Presiden ICSB Indonesia dan mulai 17 Juni 2016 terpilih menjadi Presiden Asian Council fof Small Business (ACSB). Dibawah ini sedikit kutipan visi, misi dan sejarah berdirinya ICSB.

Sebagai organisasi non – profit, ICSB membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis. ICSB bukan organisasi pemerintah akan tetapi ICSB akan bekerja sama dengan policy maker lainnya yang konsen membina UKM. ICSB Indonesia diharapkan dapat memberi peran strategis dalam hal Roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di Indonesia yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UKM di tanah air yang berinduk di Kemenkop dan UKM di Jakarta. Organisasi ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang strategis kepada UMKM agar mereka lebih kompetitif.  


ICSB INDONESIA berkomitmen untuk pertukaran ide gratis antara pendidik, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi di bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan kewirausahaan. Tujuan ICSB Indonesia adalah untuk lebih memahami usaha kecil dan menengah dan untuk memajukan teknik manajemen budaya, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup serta menumbuhkan lebih lanjut ekonomi Indonesia yang sudah maju. Misi ICSB Indonesia adalah untuk memajukan kewirausahaan dan Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia sebagai bagian dari upaya global bersama. Selain itu, ICSB Indonesia berupaya mempromosikan nilai-nilai seperti kepercayaan, rasa hormat, tanggung jawab, dan profesionalisme di antara para wirausahawan dan bisnis mereka, berjuang untuk lingkungan yang lebih berkelanjutan dan kemanusiaan. Dengan Indonesia yang secara cepat menjadi pemain internasional dalam ekonomi global, ICSB Indonesia berupaya meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan Indonesia melalui penerapan jejaring dan menyediakan platform bagi UKM agar suaranya didengar.

Karanganyar merupakan wilayah yang sangat memimiliki potensial tinggi dalam pengembangan UMKM. Oleh karenanya dengan adanya dukungan dan gerakan oleh empat pilar, yakni academicians (akademisi), researcher (peneliti), business practitioners (pebisnis), dan policy maker (pembuat kebijakan)UMKM di Kabupaten Karanganyar akan memiliki produk yang bagus, layanan baik, dan mentalitas prima sehingga mereka terus berkembangInternational Council for Small Business (ICSB) akan mendorong Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Karanganyar melompat tinggi. Segmen pasar di sektor UKM yang terus naik diharapkan memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Disamping itu bagaimana agar UKM, khususnya wirausaha pemula bisa bertahan menghadapi globalisasi, khususnya masyarakat ekonomi Asean (MEA).

Dengan alasan tersebut di atas maka, pembentukan ICSB Karanganyar akan bersinergi dengan empat pilar. Kemudian pembentukan tersebut akan menumbuhkembangkan UKM di Karanganyar dengan bersinergi dan selaras dengan pengembangan kepariwisataan. Serta kami berharap dukungan penuh dari instansi pemerintah di sektor pariwisata, industri, dan perdagangan. Optimistis kami dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0 UMKM di Karanganyar mamupu terus bertumbuh dengan mengembangkan kreativitas daninovasi guna meningkatkan daya saing pada produk lokal ke pasar global.